Wednesday, January 26, 2005

Bidadari Dunia

QS At-Thur 17-20



إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَنَعِيمٍ(*) فَاكِهِينَ بِمَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ وَوَقَاهُمْ رَبُّهُمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ(*) كُلُوا وَاشْرَبُوا هَنِيئاً بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ (*) مُتَّكِئِينَ عَلَى (*) سُرُرٍ مَّصْفُوفَةٍ وَزَوَّجْنَاهُم بِحُورٍ عِينٍهَنِيئاً بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam surga dan kenikmatan,mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka; dan Tuhan mereka memelihara mereka dari azab neraka. (Dikatakan kepada mereka): "Makan dan minumlah dengan enak sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan", mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli.

dari Ummu Salamah r.a ia berkata pada rasulullah..
Ummu Salamah (US) : "Ya Rasulullah, jelaskanlah padaku firman Allah tentang bidadari-bidadari yang bermata jeli !"
Rasulullah (R) : "Bidadari yang kulitnya bersih, matanya jeli dan lebar, rambutnya berkilau seperti sayap burung Nasar"
US : "Jelaskanlah padaku tentang firman Allah, "Laksana mutiara yang tersimpan baik"
R : Kebeningannya seperti kebeningan mutiara di kedalaman lautan, tidak pernah tersentuh oleh tangan manusia"
US : "Ya Rasulullah, jelaskanlah kepadaku firman Allah, 'Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik' "
R : "Akhlaknya baik dan wajahnya cantik jelita"
US : Jelaskanlah kepadaku firman Allah, 'Seakan-akan mereka adalah telur (burung unta) yang tersimpan dengan baik' "
R : " Kelembutannya seperti kelembutan kulit yang ada pada bagian dalam telur dan terlindung kulit bagian luar, atau yang biasa disebut putih telur' "
US : "Ya Rasul Allah , jelaskanlah padaku firman Allah, 'Penuh Cinta lagi sebaya umurnya' "
R : "Mereka adalah wanita-wanita yang meninggal dunia pada usia lanjut, dalam keadaan rabun dan beruban. Itulah yang dijadikan Allah tatkala mereka sudah tau, lalu Dia menjadikan mereka sebagai wannita-wanita gadis, penuh cinta, bergairah, mengasihi dan umur sebaya"
US : " Ya Rasulullah, manakah yang lebih utama bidadari -bidadari yang bermata jeli, ataukah wanita dunia"
R : "Wanita-wanita dunia lebih utama daripada bidadari-bidadari yang bermata jeli, seperti kelebihan yang tampak dari apa yang tidak tampak"
US : "Kenapa wanita dunia lebih utama dari pada mereka"
R : " Karena shalat mereka, puasa dan ibadah mereka, tubuh mereka adalah kain sutra, kulitnya putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasaannya kekuning-kuningan, sanggulnya mutiara dan sisirnya terbuat dari emas. Mereka berkata, ' Kami hidup abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali, kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali. Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya' "
US : Ya Rasulullah, salah seorang wanita di antara kami pernah menikah dengan dua, tiga atau empat laki-laki lalu dia meninggal dunia. Dia masuk surga dan mereka masuk surga pula. Siapakah diantara laki-laki itu yang menjadi suaminya di surga?"
R : " Wahai Ummu Salamah, wanita itu disuruh memilih siapa diantara mereka yang akhlaknya paling bagus , lalu dia berkata, ' Wahai Tuhanku, sesungguhnya laki-laki inilah yang paling baik akhlaknya tatkala hidup bersamaku di dunia, maka nikahkanlah aku dengannya', wahai Ummu Salamah, akhlak yang baik itu akan pergi membawa dua kebaikan, dunia dan akhirat "
(H.R Thabrani)


0 Comments:

Post a Comment

<< Home